Minggu, 20 Oktober 2013

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

KELAS VI SEMESTER 1


1  1.  Peta Benua Asia
A.      Benua Asia
Menurut berbagai sumber, dijelaskan bahwa Benua Asia berada di antara 1'16  hingga  77' 41LU serta di antara  26'04 hingga 169'40 BT. Total luas Benua Asia mencukupi lebih kurang 44 juta . Apabila kalian perhatikan, Benua Asia berbatasan dengan Eropa di barat, Laut Merah dan Benua Afirka di Barat Laut, Samudra Hindia di Selatan, Samudra Pasifik di timur dan Laut Arktik di Utara. Benua Asia dikelompokkan menjadi lima Kawasan, yaitu Asia barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Beberapa istilah tersebut untuk menunjukkan kelompok negara-negara yang ada di kawasan tersebut.

I.       Asia Barat

Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat anatara lain Arab Saudi, Israel, Palestina, Yordania, Lebanon, Syria, Iran, Irak, Kuwait, dan Beberapa negara kecil di sekitarnya. Kawasan ini sering juga disebut kawasan Timur Tengah.
II. Asia Timur
Negara-negara Asia Timur meliputi Cina termasuk Hongkong, Jepang, Korea, Mongolia, dan Taiwan. Orang Eropa menamakan kawasan Asia Timur sebagai Timur Jauh. Republik Rakyat Cina (RRC) Sebagai besar berupa wilayah bergunung-gunung, tahannya relatif gersang. Ilklim termasuk ilklim sedang dengan dingin. Di daratan Cina Utara hidup beruang terkenal, disebut Panda. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia, yaitu Tembok Besar Cina.
III. Asia Tengah

Asia Tengah meliputi negara-negara Tajikhistan, Turkmenistan, Uzbekhistan, dan Kazakhstan serta beberapa negara bekas Uni Soviet yang dibagian selatan. Tanahannya relatif gersang dan iklim dingin.

         I.          Asia Selatan

Kawasan negara-negara Asia Selatan hanya sedikit, yaitu India, Pakistan, Afghanistan, Bangladesh, Sri Lanka, Bhutan, dan Nepal. Dalam beberapa atlas sering kali Afghanistan dimasukkan dalam kawasan Asia Tengah. India Tengah dan utara termasuk bergunung-gunung yang relatif gersang. Lahan subur ada dibagian selatan, disekitar sungai-sungai besar termasuk sungai Gangga.

      II.          Asia Tenggara

Kelompok negara Asia Tenggara meliputi semua negara-negara ASEAN. Wilayah ini termasuk subur untuk pertanian. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gundang beras Asia Tenggara. Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok.
2.         Peta Benua Eropa
          Benua Eropa
Luas Benua Eropa sekitar 10.9 juta km persegi. Benua ini terletak pada garis lintang antara 71' LU hingga 36' LU serta berada pada garis bujur antara 66' BT  hingga 9' BB. Berikut ini adalah peta Eropa.
Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut.
               i.     Utara         :     Laut Arktik
             ii.     Selatan       :     Laut Tengah
           iii.     Barat          :     Samudra Atlantik
           iv.     Timur         :     Pegunungan Ural
  Benua Eropa terbagi menjadi empat kawasan. Antara lain Eropa Barat, Eropa Utara, Erorap Selatan, dan Eropa Timur.
·                Eropa Barat

Eropa Barat meliputi Belgia, Nederland (Belanda), dan Luksemburg (disingkat Benelux), Jerman, Prancis, dan Swiss. Bagian barat Eropa relatif darat, bagian agak ketengah relatif bergunung-gunung. Eropa Barat memiliki iklim dingin. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal didunia adalah Menara Eifel yang ada di kota Paris, Prancis. Bangunan lain adalah bendungan-bendungan teluk dan kincir angin ada di Belanda.

·                Eropa Utara

Negara-negara di Eropa Utara meliputi Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia. Kelompok negara-negara ini juga disebut negara-negara Skandinavia.

·                Eropa Selatan

Eropa Selatan meliputi Italia, Swiss, Spanyol, Portugal, dan Austria. Wilayah negara ini relatif beregunung-gunung berada pada iklim sedang. Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia.

·                Eropa Timur

Negara-negara di Eropa Timur meliputi Polandia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania. Sebagai besar kawasan Eropa Timur merupakan bagian dari daratan Eropa besar yang membentang sampai jauh ke Rusai bagian Barat. Beberapa bagian dari daratan ini merupakan lahan yang tidak subur. Sebagai lahan lain cukup subur sehingga mampu mendukung tumbuhannya tanaman sereal. Lahan subur ini terutama terdapat di Ukraina dan wilayah barat Rusia.

3.  Benua Afrika
uas Benua Afrika sekitar 30,3 juta km persegi. Benua ini terletak pada garis lintang antara 37' LU hingga 34' LS serta berada pada garis bujur antara 51' BT hingga 17' BB. Batas-batas Benua Afrika adalah:
a. Batas Timur adalah Laut Merah, Benua Asia, Samudra Hindia.
b. Batas Selatan adalah Samudra Hindia
c. Batas Barat adalah Samudra Atlantik
d. batas Utara adalah Laut Tenggah

Benua Afrika terdiri atas lima kawasan, antara:
a.Afrika Utara meliputi Mesir, Sudan, Libya, Tunisia, Aljazair, dan Maroko.
b. Afrika Barat meliputi Sahara barat, Mauritania, Senegal, Guinea, Gambia, Sierra Leone, Pantai Gading, Ghana, Burkina Fasso, Nigeria, dan Kamerun.
c. Afrika tengah meliputi Chad, Afrika Tengah, Zaire, Zambia, Malawi, dan Gabon.
d. Afrika Timur meliputi Ethiopia, Somalia, Kenya, Uganda, Tanzania, Burundi, Rwanda.
e. Afrika Selatan meliputi Angola, Zimbabwe, Namibia, Botswana, Mozambik, Afrika Selatan, dan Lesotho.
Secara umum Afrika Utara merupakan wilayah gurun pasir. Bagian Afrika lainnya juga merupakan wilayah yang gersang, dan sebagian besar merupakan habitat binatang liar. Bangunan buatan manusia yang paling terkenal di afrika terdapat di Mesir, yaitu Piramida dan Spinx. Selain itu di Mesir juga terdapat sungai Nil .

4.  Benua Amerika
Benua Amerika
  • Letak dan Batas Wilayah
Luas wilayahnya ± 42.292.000 km. Secara astronomis Benua Amerika terletak antara72 LU_59 LS dan antara 36_163 BB.Adapun batas-batas wilayahnya adalah berikut ini.
  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  3. Sebelah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik
  • Keadaan Iklim
Berdasarkan letak astronomis dan keadaan alamnya, iklim di Benua Amerika meliputi berikut ini
  1. Iklim dingin (kutub) di Alaska dan Kanada Utara
  2. Iklim tropis meliputi Amerika Tengah dan sebagian besar AmerikaSelatan
  3. Iklim subtropis atau sedang meliputi Amerika Serikat dan AmerikaSelatan bagian Selatan.
  4. Iklim gurun terdapat di bagian Barat Amerika
  • Keadaan Penduduk
Penduduk asli Amerika yaitu orang Eskimo dan Indian. Namun demikian mayo-ritas penduduknya adalah migran yang berasal dariEropa, sementara sisanyaadalah imigran dari Afrika dan Asia.
1.  Benua Australia

Benua Australia
  • Letak dan Batas Wilayah
Benua Australia memilikiluas ±7.686.848 km. Secara astronomis Benua Australia terletak antara10 LS_43 LS dan antara 113 BT_155 BT
Adapun secara geografis Benua Australia memiliki batas-batas berikut ini.
1.Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia
  1. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selandia Baru.
  2. Sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Samudra Hindia
  • Keadaan Iklim
Benua Australia memiliki iklim yang bervariasi. Berdasarkan letak lintang dan keadaan alamnya, iklim di Benua Australia dibedakan menjadiiklim tropis dan iklim laut sedang. Iklim tropis terdapat di Australia bagian Utara. Iklim subtropis terdapat di Australia bagian Selatan.Sementara iklim laut sedang dialami oleh wilayah di Selatan Victoriadan Tasmania. Sementara daerah-daerah gurun banyak dipengaruhi oleh iklim gurun.
  • Keadaan Penduduk
Sebagian besar penduduk Australia adalah orang kulit putih yang merupakan imigran dari Eropa. Sementara yang lain adalah imigran dari Asia. Penduduk asli adalah orang Aborigin yang tinggal didaerah-daerah pedalaman yang kering dan tandus. Orang Aborigin memiliki senjata khas yaitu bumerang.


Lembar Kerja Siswa (LKS)

                                                                                          Nama:..............
                                                                                                                Kelas :.............

A.           Uraian

1.      Sebutkan Batas-batas Benua Amerika?
2.      Sebutkan bangunan buatan manusia yang populer di Amerika?
3.      Penduduk asli Australia adalah suku.........
4.      Istana Taj Mahal terdapat di.................
5.      Kawasan Asia Barat sering disebut Kawasan..............



Tidak ada komentar:

Posting Komentar