Minggu, 20 Oktober 2013

PEMBELAJARAN IPA (SISTEM TATA SURYA)
KELAS VI SEMESTER 2


Sistem Tata Surya

Sistem tata surya terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari, delapan planet, dan benda-benda langit lainnya, seperti komet, meteorid, dan asteroid. Planet-planet mempunyai ukuran yang berlainan dan bergerak mengelilingi matahari dalam lintasannya masing-masing. Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet,dan benda langit lainnya. Planet dan benda-benda langit lainnya secara teratur mengelilingi matahari sebagai pusatnya.
Garis edar planet merkurius dan venus terletak di antara matahari dan bumi. Oleh karena itu, merkurius dan venus disebut planet dalam. Srdangkan planet-planet yang ada di luar gairs edar bumi disebut dengan planet luar.
A. Matahari
Matahari adalah benda langit berupa bola gas panas besar yang berpijar. Matahari merupakan anggota tata surya terbesar dan menjadi pusat tata surya. Diameter ekuator matahari mencapai 864.000 mil atau sekitar 112 kali diameter ekuator bumi. Matahari terdiri dari atas inti dan tiga lapisan kulit, yaitu :

a.  Inti Matahari
Inti matahari merupakan lapisan dalam dari matahari. Suhu inti matahari dapat mencapai 15juta0C. Panas tersebut diduga berasal dari reaksi termonuklir atau reaksi penggabungan atom-atom hidrogen menjadi helium
b.  Fotosfer
Fotosfer merupakan lapisan permukaan matahari dengan ketebalan sekitar 350 km. Lapisan ini memancarkan cahaya sangat kuat. Cahaya yang terpancar ke ruang angkasa termasuk ke bumi adalah berasal dari fotosfer. Suhu di fotosfer diperkirakan 6.0000C.
c.   Kromosfer
Kromosfer merupakan lapisan gas diatas fotosfer dengan ketebalan 16.000km. pada lapisan bawah suhu kromosfer sekitar 40000C, sedagngkan dilapisan paling atas sekitar 10.0000C. kromosfer tampak seperti cincin berwarna merah ketika terjadi gerhana matahari total.
d.  Korona
Korona merupakan lapisan matahari paling luar dengan ketebalan sekitar 2,5 juta km. Korona merupakan lapisan gas tipis yang tampak seperti mahkota putih cemerlang mengelilingi matahari. Suhu di korona sekitar 1 juta0C. Lapisan ini damati setiap saat melalui teleskop.


B. Planet                                                         Berbeda halnya dengan matahari, planet tidak dapat bercahaya. Planet termasuk benda langit yang selalu berputar pada orbitnya dalam mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Planet berputar pada masing-masing garis edarnya. Garis edar planet disebut orbit.
Sampai saat ini planet yang ditemukan dalam tata surya ada delapan buah planet, yaitu Merkurius, Venus, bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri terdiri dari Merkurius dan Venus karena kedua planet ini berada di dalam orbit bumi. Sedangkan Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut planet luar karena berada di luar orbit bumi.
1. Merkurius
Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari dengan jarak ± 58 juta kilometer dan paling kecil dari planet-planet lainnya.  Suhu di planet ini sangat panas diperkirakan mencapai 4270C. Merkurius mendapat julukan bintang fajar atau bintang senja karena kadang-kadang terlihat menjelang matahari terbit atau beberapa saat setelah matahari terbenam. Diameter Diameter Merkurius : 4.878 km. Jarak dari matahari : 58.000.000 km.


                   Di merkurius tidak ada udara. Langitnya sangat hitam. Permukaannya               tidak rata dan berbukit-bukit. Perbedaan suhu di Merkurius sangat menyolok               merkurius membutuhkan waktu 88 hari untuk satu kali revolusi dan 59 hari untuk         satu kali rotasi.

2. Venus
Pada tahun 1974, pesawat Amerika Serikat, Meriner 10 berhasil mendekati Merkurius. Berdasarkan foto-foto yang diambil terlihat permukaan merkurius penuh dengan kawah, berbatu-batu, dan berdebu seperti permukaan bulan. Kawah merkurius terbentuk akibat kejatuhan meteor besar.

Venus adalah planet kedua dari matahari. Jarak Venus dari matahari kurang lebih 108 juta km. Planet Venus merupakan planet terdekat dengan bumi. Oleh karena itu, Venus tampak paling jelas dari bumi. Pada pagi hari, Venus terlihat jelas seperti bintang di ufuk timur, sehingga banyak orang menyebutnya Bintang Timur, Bintang Barat, Bintang Malam, Bintang Pagi atau Bintang Kejora. Diameter Venus : 12.104 km. Jarak dari matahari : 108.000.000 km. Venus memiliki atmosfer seperti bumi dan selalu berawan. Permukaan venus berupa daratan kasar berbatu yang panas dan kering. Venus memerlukan waktu 225 hari untuk sekali revolusi dan 243 hari untuk satu kali rotasi.

3. Bumi
Di antara planet dalam tata surya hanya bumi yang dihuni oleh makhluk hidup. Jaraknya tidak terlalu dekat ke matahari. Suhu bumi sekitar 22C yang sesuai untuk kehidupan makhluk hidup. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan perairan. Bumi mempunyai atmosfer yang mengandung banyak oksigen. Bumi memiliki sebuah satelit yaitu bulan. Diameter bumi : 12.756 km. Jarak dari matahari : 149.600.000 km.

4. Mars
Mars disebut juga planet merah karena permukaannya tampak berwarna kemerahmerahan. Pada permukaan Mars terdapat kawah-kawah dengan diameter mencapai 200 km. Suhu rata-rata permukaan Mars kira-kira -23 C. Mars mempunyai 2 satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Diameter Mars : 6.794 km. Jarak dari matahari : 227.900.000 km. Pada tahun 1971, Amerika Serikat meluncurkan pesawat penjelajah Mariner 9. Berdasarkan foto-foto yang diambil, tampak lembah berkelok di mars yang diduga merupakan sungai yang mengering. Selain itu juga terdapat gunung-gunung api di Mars

5. Yupiter
Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Diameter Jupiter 11 kali diameter bumi atau sekitar 141.700 km. Jupiter memiliki 17 satelit, dan yang terbesar di antaranya adalah Ganymedes. Sebagian besar Jupiter tersusun atas gas, terutama hidrogen dan helium. Sementara gas oksigen dan nitrogen sangat kurang sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan. Yupiter mempunyai 16 satelit, antara lain Ganymeda dan Callisto. Diameter Yupiter : 142.800 km. Jarak dari matahari : 778.300.000 km. pada tahun 1973, Amerika Serikat mengirim pesawat Pioneer 10 melintasi Yupiter dan mengambil foto.

6. Saturnus 
Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter dengan diameter 10 kali diameter bumi. Keistimewaan planet ini, yaitu cincin yang mengelilinginya. Cincin ini diperkirakan terdiri atas debu halus, kerikil dan butir-butir es. Saturnus mempunyai 21 satelit, yang paling besar bernama Titan. Diameter Saturnus : 120.000 km. Jarak dari matahari : 1.427.000.000 km 

7. Uranus
Uranus merupakan planet ketiga terbesar setelah Jupiter dan Saturnus. Diameter Uranus hampir empat kali diameter bumi atau kurang lebih 50.800 km. Uranus dikelilingi lima buah satelit dan yang paling besar adalah Titania. Diameter Uranus : 51.800 km. Jarak dari matahari : 2.869.6000 km. Atmosfer uranus terdiri dari hidrogen, helium, metana, dan amonia. Suhu Uranus sekitar -1800C. Ciri uranus lainnya adalah cara berputarnya. Poros uranus memiliki kemiringan kekanan sebesar 980 sehingga uranus tampak bergerak seperti sebuah gasing yang menggelinding.

8. Neptunus
Pada planet Neptunus tidak ada oksigen, penuh dengan awan yang tebal, dan tidak ada kehidupan.  Neptunus berwarna nampak biru kehijau-hijauan. Suhu permukaan planet ini sekitar –220C. Neptunus mempunyai 8 satelit, antara lain Triton, Nereid, dan Proteus. Diameter Neptunus : 49.500 km. Jarak dari matahari : 4.497.000.000 km.



Benda-Benda Langit Lainnya
Selain planet-planet yang mengelilingi matahari, ada juga benda langit lain, yaitu satelit, komet, meteorid, dan asteroid.
 1.    SATELIT
Benda kecil diangkasa yang berputar mengelilingi benda lain yang berukuran lebih besar di sebut dengan satelit. Ada dua macam satelit yaitu satelit alam dan satelit buatan.
2. Komet
Komet merupakan benda terbesar dalam tata surya. Ukurannya dapat melebihi 10 mil dan mempunyai ekor bercahaya yang panjangnya jutaan mil sampai angkasa. Karena itu, komet sering disebut bintang berekor. Ekor komet selalu menjauhi matahari. Pada saat mendekati matahari ekornya kelihatan makin panjang. Komet terdiri dari inti, koma, dan ekor. Inti komet merupakan gumpalan padat berupa es, gas, serta debu dan materi lainnya. Koma merupakan gumpalan gas yang mengelilingi inti. Ekor koma merupakan gumpalan gas dan debu yang bercahaya. Komet yang terkenal adalah komet Halley. Nama komet Halley diambil dari nama seorang ahli astronomi Inggris, Edmond Halley (1656-1742) yang telah menemukan komet tersebut pada tahun 1682. Ia juga meramalkan bahwa kemunculan komet Halley terjadi setiap 76 tahun

C. METEORID

   Meteorid adalah benda langit yang berukuran kecil, beredar mengelilingi matahari dalam lintasan yang tidak tetap. Jika dilihat dari bumi tampak seperti bintang yang jatuh. Meteorid yang jatuh ke bumi disebut meteor. Meteor dapat muncul secara tunggal atau dalam jumlah banyak. Meteor yang muncul dalam jumlah banyak disebut hujan meteor. Hujan meteor . hujan meteor pernah terjadi pada tahun 1803 di Prancis.





LEMBAR PENILAIAN (LP)
EVALUASI
Nama               :
No. absen        :

Kerjakan soal-soal berikut!
A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau a ai depan jawaban yang paling benar!
1.     Pusat tata surya adalah ....
a.    Bumi
b.    Matahari
c.    Bulan
d.    Yupiter

2.    Tata surya ialah ....
a.    Kumpulan matahari dan planet-planet lain
b.    Kumpulan benda-benda ruang angkasa yang mengelompok sesuai namanya
c.    Kumpulan planet dan benda langit lain yang berputar mengelilingi matahari
d.    Kumpulan berbagai benda langit dalam satu kelompok

3.    Urutan planet-planet mulai dari yang terdekat dengan matahari adalah ....
a.    Merkurius-Bumi-Mars-Neptunus
b.    Merkurius-Mars-Venus-Bumi
c.    Merkurius-Bumi-Mars-Venus
d.    Merkurius-Venus-Bumi-Mars

4.    Planet ketiga dari matahari ialah ....
a.    Bumi
b.    Venus
c.    Mars
d.    Yupiter

5.    Planet yang disebut bintang barat atau bintang timur adalah . . . .
a.    Venus
b.    Saturnus
c.    Merkurius
d.    Yupiter

6.    Bumi merupakan planet yang dapat didiami oleh makhluk hidup, karena . . . .
a. mempunyai udara dan air
b. ukurannya sangat benar
c. mempunyai gaya gravitasi
d. letaknya dekat dengan matahari

7.    Planet yang paling besar dalam tata surya ialah ....
a.    Uranus
b.    Saturnus
c.    Neptunus
d.    Yupiter



8.    Bumi merupakan planet yang dapat didiami oleh makhluk hidup, karena . . . .
a.    Mempunyai udara dan air
b.    Ukurannya sangat benar
c.    Mempunyai gaya gravitasi
d.    Letaknya dekat dengan matahari

9.    Pernyataan yang benar bila komet mendekati matahari adalah . . . .
a.    Ekornya mendekati matahari
b.    Ekornya terbentang ke belakang
c.    Ekor komet main pendek
d.    Komet menjadi tak tampak

10.  Bumi kita memiliki satelit, yaitu
a.    Mars
b.    Merkurius
c.    Bulan
d.    Komet

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
 Soal isian
1.     Susunan yang terdiri dari matahari dan benda-benda langit lainnya yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya disebut . . . .
2.    Planet yang letaknya di antara matahari dan bumi adalah . . . dan . . . .
3.    Benda langit yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri disebut . . . .
4.    Planet yang kelihatan dikelilingi cincin adalah . . . .
5.    Bintang terbesar di tata surya kita adalah ....

C.  SOAL URAIAN
1.     Jelaskan pengertian tata surya!
2.    Tuliskan susunan planet di tata surya!
3.    Mengapa arah ekor komet selalu menjauhi Matahari?
4.    Jelaskan perbedaan planet dalam dan planet luar!

5.    Apa perbedaan antara meteor dan meteorit?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar