Minggu, 20 Oktober 2013

TEMATIK


TEMA: KESEAHATAN
KELAS III
SEMESTER I






A. Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan
Bagaimana cara menjaga agar lingkungan selalu sehat? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat lingkungan yang sehat, antara lain sebagai berikut:
1.    Membuang sampah ke tempat sampah.
2.   Mengolah limbah sebelum dibuang ke lingkungan.
3.   Membersihkan lingkungan secara teratur.
4.   Menanam tanaman di sekitar rumah dan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat.



                                              
Gambar 1 Pepohonan yang ada di Sekitar Sekolah  membuat Lingkungan menjadi Sehat
5.   Mengalirkan air yang tergenang melalui saluran air.
6.   Menciptakan rumah yang sehat, yaitu rumah yang memiliki lubang angin atau ventilasi udara.
7.   Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
8.   Tidak memetik bunga, tidak mematahkan dahan, dan tidak menebang pohon secara sembarangan.
Gambar 2 Kerja Bakti merupakan salah satu cara menjaga kesehatan lingkungan.

B. Akibat Tidak Menjaga Kesehatan       Lingkungan Sekitar
Lingkungan rumah harus bersih. Tidak boleh ada sampah. Sampah dapat menimbulkan penyakit. Saluran air harus lancar. Banyak peristiwa buruk di sekitar kita. Akibat lalai memelihar lingkungan. Terutama lingkungan rumah.
Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar 3 Warga terkena musibah banjir

       Lihatlah rumah tergenang air. Akibat perbuatan mereka sendiri. Warga membuang sampah ke sungai. Sungai menjadi
dangkal. Saluran air tersumbat. Musim hujan air sungai meluap. Bahaya penyakit
mengancam. Banyak yang
menderita sakit. Muntaber,
 kudis, dan lain-lain. Kita
sendiri yang sengsara.
 Akibat tidak menjaga
Text Box: Gambar 4. Warga terkena penyakit

kebersihan lingkungan.
Banyak yang menderita                                    
sakit. Muntaber, kudis, dan lain-lain. Kita sendiri yang sengsara. Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan.Udara kotor dapat juga dapat memengaruhi kesehatan kita. Misalnya, mata kita menjadi pedih jika terkena asap.Pernapasan juga menjadi sesak. Pencemaran udara dapat menimbulkan  penyakit pernapasan seperti penyakit paru-paru.Sungai yang tercemar mengakibatkan ikan-ikan tidak dapat hidup. Zat pencemar yang terkandung di air sungai bersifat racun sehingga dapat mematikan ikan. Kita juga tidak dapat menggunakan air tercemar untuk memenuhi kebutuhan. Mengapa demikian? Air yang tercemar dapat menyebabkan penyakit kulit dan diare. Jika masyarakat menggunakannya untuk mandi dan mencuci, kulit dapat menjadi gatal. Jika menggunakan air tercermar untuk memasak, kita dapat mengalami diare.
C. Cara Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan
       Lingkungan alam dan buatan harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Lingkungan alam dan buatan yang dijaga kelestariannya akan terus memberikan manfaat bagi manusia. Berikut beberapa cara dalam memelihara lingkungan alam dan buatan yang ada di sekitar kita.
1.       Cara Memelihara Lingkungan Alam
     Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara, dan tanah. Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air, sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling atas akan ikut hanyut. Padahal lapisan tanah paling atas adalah yang paling subur. Hutan juga disebut dengan paru-paru dunia. Tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Hal ini terjadi pada saat tumbuhan melakukan proses fotosintesis. Oksigen diperlukan makhluk hidup untuk bernapas.

a. Menjaga Kelestarian Air
Setiap makhluk hidup membutuhkan air. Manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, mencuci, memasak, dan lain-lain. Air untuk minum harus dimasak lebih dulu agar kuman-kumannya mati.memerlukan air untuk minum dan mandi. Tumbuhan memerlukan air untuk pertumbuhan dan kesuburannya. Air merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga keberadaan dan kebersihannya. Air yang kotor atau tercemar tidak dapat dimanfaatkan. Air yang kotor atau tercemar dapat membahayakan kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Kelestarian air dapat dijaga dengan cara antara lain:
1)  Tidak membuang sampah di sungai atau saluran air;
2)  Melakukan kegiatan penghijuan atau penanaman pohon yang dapat berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air.
3)  Menggunakan air sesuai kebutuhan.
4) Air bekas cucian dan mandi diusahakan tidak langsung meresap ke dalam tanah, tetapi dialirkan ke saluran pembuangan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pencemaran air tanah.


                                             

                                                         
Gambar 7 Air untuk memasak.


b. Menjaga Kelestarian Udara
Udara sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan udara. Manusia dan hewan memerlukan udara untuk bernapas. Tanpa udara semua makhluk hidup akan mati. Udara perlu dijaga kebersihannya. Asap pabrik dan asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Pencemaran udara sama dengan polusi udara. Untuk mengurangi pencemaran udara, pabrik-pabrik yang besar harus menggunakan cerobong asap. Udara yang bersih baik untuk kesehatan badan. Untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara sebaiknya di kanan kiri jalan ditanami pohon. Kamu juga harus ikut serta dalam menjaga kebersihan udara.
       
Gambar 8 Asap pabrik dapat menimbulkan pencemaran udara

c. Menjaga Kesuburan Tanah
Tanah merupakan tempathidup bagi makhluk hidup. Semua hasil pertanian, perkebunan, tambang, dan hasil bumi lainnya berasal daritanah. Tanah yang subur dapatmenghasilkan tanaman yang baik. Tanah yang tandus perlu diolah agar menjadi subur. Sampah dari daun baik untuk menyuburkan tanah. Untuk menjaga kelestarian tanah tanamilah tanah kosong di sekitarmu agar tidak menjadi tandus. Tanah harus diolah dengan pengairan dan pemupukan yang benar.


Gambar 9 Lahan yang subur harus dijaga dan dilestarikan.

          Kelestarian tanah juga dapat dilakukan dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sampah harus dibuang di lokasi pembuangan yang semestinya. Sampah yang kita buang umumnya terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup.Contoh sampah organik adalah daun-daun, sisa-sisa makanan, dan sebagainya. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda tak hidup. Contoh sampah anorganik antara lain kaleng, botol, dan plastik. Sampah organik dapat membusuk dan terurai oleh bakteri atau jamur sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. Sementara sampah anorganik tidak dapat terurai sehingga akan merusak kelestarian tanah.

2.  Cara Memelihara Lingkungan Buatan
            a. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang bersih merupakan dambaan setiap orang.Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab setiap orang.Perhatikan uraian berikut.Di kompleks perumahan Pak Tatang setiap hari minggu diadakan kerja bakti. Pukul tujuh pagi semua warga sudah berkumpul untuk melaksanakan kerja bakti. Mereka membawa alat-alat yang diperlukan untuk kerja bakti. Pak Tatang, selaku ketua RT, memberikan petunjuk kepada warga. Ada yang membersihkan saluran air, ada yang mendorong gerobak sampah, ada yang mencangkul, meratakan tanah, dan ada yang membersihkan rumput liar. Anak-anak juga ikut serta dalam kegiatan kerja bakti tersebut, dengan mengumpulkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Ibu-ibu menyediakan makanan dan minuman untuk para warga. Sekarang kompleks perumahan tersebut menjadi bersih dan asri. Lingkungan yang bersih akan mencegah berjangkitnyaberbagai penyakit. Kamu harus selalu menjaga lingkungan tempat tinggalmu agar selalu bersih dan sehat.
                                                           
b. Menjaga Kebersihan Akuarium
Apakah kalian mempunyai akuarium di rumah? Akuarium yang kalian miliki termasuk dalam lingkungan buatan. Akuarium yang kita buat, di dalamnya berisi ikan dan berbagai benda buatan yang mirip dengan benda-benda di sungai dan laut. Seperti, batu karang, tanaman hias, kerikil, dan sebagainya. Semua itu bertujuan agar akuarium terlihat seperti bentuk kehidupan laut yang sebenarnya dan ikan yang ada di akuarium merasa seperti hidup di laut. Akuarium harus selalu dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, seminggu sekali akuarium harus dibersihkan.  Airnya yang kotor harus rutindiganti. Semua itu akan membuat ikan hidup dengan sehat. Akuarium yang bersih menjadi indah dipandang mata.





 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Nama  Anggota Kelompok:


 Tugas 1
Amatilah gambar di bawah ini dan jawab pertanyaannya!
 1. Bahaya apa yang ditimbulkan dari  gambar   tersebut?
 2. Penyakit apa ang timbulkan dari gambar tersebut?
  
 Tugas 2
Lengkapilah tabel dibawah ini!
No.
Ketampakan
Alam
Buatan
Cara Memelihara
1
Sungai



2
Rumah



3
Danau



4
Pegunungan



5
Akuarium






































Tidak ada komentar:

Posting Komentar